Teknologi dan Geografi SIG

Teknologi GIS menawarkan jalur menuju pemahaman geografis yang lebih dalam untuk siswa dan guru, jelas Rob Sharpe

Internet dan akses ke lebih banyak data berlanjut secara radikal. Untuk mengubah bagaimana informasi tentang dunia di sekitar kita diterapkan dan dibagikan. Kita semua tahu bahwa teknologi adalah media yang sangat baik untuk mengajar dan terlibat dengan siswa. Tetapi ketika datang ke geografi, itu sebenarnya adalah inovasi berusia 30 tahun – GIS (Sistem Informasi Geografis). Yang semakin dikenal sebagai teknologi yang kuat. Alat untuk mengajar. Memang, kurikulum geografi GCSE dan A level sekarang secara eksplisit mengharuskan guru untuk mengadopsi GIS dalam pelajaran mereka.

Jadi apa itu GIS? Sederhananya, GIS adalah cara untuk menganalisis data melalui peta dan aplikasi berbasis web. Digunakan oleh pemerintah, otoritas lokal dan di banyak sektor industri dari asuransi hingga ritel. Ini membantu organisasi untuk membuka potensi penuh data untuk meningkatkan hasil operasional dan bisnis. Di kelas, ini dapat membantu guru memenuhi tantangan kurikulum dan mendukung siswa sebagai alat pembelajaran yang praktis dan interaktif.

Mari Kita Mulai

Seorang guru dapat memulai perjalanan GIS mereka dengan cara yang sangat sederhana hanya dengan laptop, proyektor dan browser web. Sebagai bagian dari inisiatif Free4Schools baru dari Esri UK, guru dapat mengakses perangkat lunak GIS gratis yang disebut ArcGIS Online. Yang mencakup peta terperinci dan data dari skala lokal hingga global. Bank sumber daya yang selaras dengan kurikulum dan rencana pelajaran untuk memungkinkan pengajaran dengan GIS juga tersedia.

Di Dover Grammar School for Boys, guru geografi Thierry Torres tidak hanya mengajar GIS sebagai bagian dari kurikulum. Tetapi menggunakannya sebagai kendaraan untuk menyampaikan seluruh kursus. Dia menginspirasi kaum muda untuk mengumpulkan data di lapangan menggunakan smartphone mereka. Membuat peta yang terlihat profesional dan menjawab pertanyaan geografis yang rumit dengan melakukan analisis geospasial. Sejak mulai menggunakan GIS untuk menyampaikan pelajaran yang lebih menarik. Berdasarkan masalah geografi dunia nyata, jumlah siswa dari sekolah yang melanjutkan studi gelar geografi telah meningkat. Dari sembilan persen pada 2012/13 menjadi 70 persen pada 2015/16 .

Keterbatasan waktu sering disebut sebagai salah satu tantangan utama bagi setiap guru yang tertarik mengajar dengan teknologi seperti GIS. Tekanan pada guru dan sekolah tampaknya meningkat dari waktu ke waktu. Tidak terkecuali dengan tantangan tambahan dari struktur penilaian terakhir untuk GCSE dan A Level.

Namun, sekarang ada jaringan profesional SIG yang signifikan yang menggunakan teknologi ini dalam kehidupan kerja sehari-hari mereka. Menyumbangkan waktu mereka untuk membimbing guru untuk mengembangkan keterampilan SIG mereka sendiri. Dan membangkitkan semangat murid-murid mereka. Program GeoMentor dijalankan oleh Royal Geographical Society dan Esri UK. Untuk membantu para guru mempelajari dasar-dasar SIG dan menyampaikan rencana pelajaran yang menarik dan informatif. Dan membantu anak-anak memperoleh pengetahuan yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam studi geografi GCSE dan A Level mereka.

Banyak Manfaat

Dengan 180 sumber daya, perpustakaan gratis bahan-bahan pengajaran Esri UK menyediakan solusi langsung bagi para guru. Untuk menyampaikan pelajaran geografi yang menginspirasi dengan hasil yang selaras dengan kurikulum. Dibuat oleh guru geografi, materi mencakup Kunci Tahap 3; GCSE dan A Level dengan tema utama. Geografi fisik, geografi manusia, kerja lapangan dan keterampilan ditambah mata pelajaran STEM.

ArcGIS Online menawarkan guru akses gratis ke multiskala, lokal berkualitas tinggi (termasuk yang dari Ordnance Survey). Dan peta global yang dapat membantu mengamankan pengetahuan lokasi dan membentuk dasar untuk penyelidikan geografis kelas-depan. Menghemat waktu guru mencari bahan-bahan yang relevan. Sebagai contoh, pada awal setiap pelajaran GIS dapat digunakan untuk menempatkan pelajaran dalam konteks spasial. Menempatkan siswa dalam kaitannya dengan subjek yang sedang dipelajari. Murid dapat ditanya berbagai pertanyaan geografis, dari mengidentifikasi negara dan kota. Memperkirakan jarak dan membandingkan berbagai lokasi. Kegiatan ini dapat berlangsung hanya beberapa menit pada awal pelajaran. Tetapi merupakan pintu gerbang penting untuk belajar mengajar dengan GIS.

Ada sejumlah aplikasi GIS untuk perangkat seluler yang membantu siswa mengumpulkan data di lapangan. Yang dapat mereka analisis kembali di kelas. ‘Survei 123’ adalah salah satu aplikasi seperti itu, yang memungkinkan siswa untuk membangun dan menerbitkan survei dalam hitungan menit. Aplikasi pengumpulan data lain, ‘Kolektor untuk ArcGIS’ digunakan oleh siswa formulir keenam di London. Dan Tenggara Inggris dalam sebuah proyek yang dipimpin oleh Royal Geographical Society untuk membuat peta interaktif. Untuk menemukan area polusi suara dan ketenangan. Belajar dengan cara ini dapat memberi siswa pengalaman menggunakan SIG dengan data nyata. Yang membantu mendorong proses bekerja seperti ahli geografi dan berpikir seperti ahli geografi. Aplikasi seluler ini dapat digunakan oleh siswa untuk pengumpulan data lapangan GCSE dan A-Level.

Aplikasi Kehidupan Nyata

GIS tidak diragukan menawarkan guru dan siswa jalur menuju pemahaman geografis yang lebih dalam. Jika kita mengambil geografi fisik sebagai contoh, dan studi distribusi gempa bumi dan penyebabnya. GIS menawarkan pendekatan konstruktivis untuk belajar, bukan mengandalkan gaya belajar pasif. Dalam mengajar tentang hal ini, banyak guru akan melihat peta yang menunjukkan lokasi gempa bumi. Seorang guru yang berpengalaman dalam GIS modern dapat bergerak melampaui tampilan pasif peta. Untuk mengekstraksi data yang berada di belakang peta. Misalnya, suatu kegiatan yang bisa menjadi bagian dari penyelidikan geografis berbasis kelas yang lebih luas dapat mengajukan pertanyaan. ‘Apakah ada hubungan antara gempa bumi dan batas lempeng’? GIS adalah alat konstruktivis yang sempurna untuk menjawab pertanyaan ini. Karena memungkinkan siswa untuk dengan mudah menjelajahi data, membuat peta. Dan memasukkan data tambahan seperti batas lempeng.

Fakta bahwa GIS sekarang menjadi persyaratan kurikulum, ditambah dengan aplikasi kehidupan nyata di semua industri. Berarti bahwa pemahaman dan pengajaran dengan GIS tentunya harus menjadi prioritas bagi semua sekolah. Teknologi GIS tidak hanya memungkinkan para guru untuk menyampaikan kurikulum secara efektif. Dengan menyelesaikan tugas-tugas yang sering rumit dengan cara yang cepat dan sederhana, siswa juga menjadi dipersenjatai dengan pengetahuan. Dan alat yang mereka anggap berharga untuk karir masa depan mereka.

Tinggalkan komentar